Internal Factor Analysis Summary ( IFAS)
Internal Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments
Strengths
S1 Manajemen yang berpengalaman 0.11 3 0.33 Pengetahuan dalam bidangnya
S2 Reputasi perusahaan 0.15 3 0.45 Telah diakui di kawasan Asia Tenggara
S3 Inovasi produk 0.10 2 0.20 mengembangkan obat-obatan dengan rumusan kimia
baru baik dengan kemampuan sendiri ataupun aliansi strategis dengan mitra
internasional
S4 Produksi 0.02 1 0.02 berstandar internasional dan bersertifikasi
S5 Penggabungan 0.17 3 0.51 penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Enseval
memberikan peluang Kalbe dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas
Weakness
W1 Bahan baku 0.15 4 0.60 kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisa
menopang pengadaan intermediates dasar pembuatan obat
W2 Aspek pemasaran dan distribusi 0.12 4 0.48 hasil produksi industry farmasi
masih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif
W3 Ekspansi 0.10 3 0.30 ekspansinya ke noncore-business seperti ke bisnis
property (PT Kalbe Land) dan pendidikan (STIE Kalbe) dapat mengakibatkan
kurang fokusnya perusahaan dalam pengembangan bisnis farmasi
W4 Aspek regulasi 0.05 1 0.05 regulasi industry farmasi di Indonesia cukup berat
Ø W5 Banyaknya jenis bahan baku 0.03 2 0.06 mencapai 6000 items sehingga pemakain
per item yang tidak memenuhi skala produksi ekonomis
Total 1.00 3.00
External Factor Analysis Summary (EFAS)
External Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments
Opportunities
O1 Banyaknya penduduk Indonesia 0.12 3 0.36 masih rendahnya konsumsi obat
perkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan
O2 Jumlah penduduk di ASEAN 0.11 4 0.44 populasi yang mencapai 8% dari penduduk
di dunia menciptakan peluang perusahaan untuk masuk ke 6 besar pasar utama di
ASEAN
O3 Tenaga dokter spesialis 0.04 2 0.08 kecenderungan berkembangnya system
penanganan kesehatan yang wajar yang dapat menyalurkan tenaga dokter termasuk
dokter spesialis yang dibutuhkan
O4 kantor perwakilan 0.08 3 0.24 perusahaan membangun kantor perwakilan disetiap
negara tujuan yang dari survey internal berpotensi bagi pengembangan produk
ekspornya
O5 Distibutor lokal negara tujuan ekspor 0.10 3 0.30 perusahaan menunjuk
distributor lokal di masing-masing negara tujuan ekspor untuk memasarkan
produk
Threats
T1 Kompetitor internasional 0.10 3 0.30 Kalbe masih belum bias bersaing dengan
produk dari AS
T2 Legal sistem 0.10 2 0.20 belum dapat menangani obat palsu secara efektif
sehingga harga obat menjadi lebih sulit untuk dikontrol
T3 Undang-undang paten 1997 0.07 1 0.07 karena adanya produk-produk baru yang
masih dilindungin paten, menjadi sulit untuk mengembangkan produknya
T4 Krisis ekonomi 0.13 4 0.52 Mempengaruhi daya beli masyarakat Indonesia
T5 Kompetisi internal 0.15 4 0.60 karena penggabungan dari 3 perusahaan, adanya
persaingan produk-produk yang sejenis
Total 1.00 3.11
Strategic Factor Analysis Summary (SFAS)
Weighted InterKey Strategic Factors Weight Rating Score Short mediate Long Comments
S1 Manajemen yang berpengalaman 0.10 3 0.30 x Pengetahuan dan pengalaman
S2 Reputasi perusahaan 0.12 4 0.48 x Dikenal luas dan telah diakui di Asia
S5 Penggabungan 0.10 4 0.40 x penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Enseval
memberikan peluang Kalbe dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas
W1 Bahan baku 0.10 4 0.40 xx kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisa
menopang pengadaan intermediates dasar pembuatan obat
W2 Aspek pemasaran dan distribusi 0.06 3 0.18 x hasil produksi industry farmasi
masih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif
O1 Banyaknya penduduk Indonesia 0.11 3 0.33 xx masih rendahnya konsumsi obat
perkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan
O2 Jumlah penduduk di ASEAN 0.13 4 0.52 x populasi yang mencapai 8% dari
penduduk di dunia menciptakan peluang perusahaan untuk masuk ke 6 besar pasar
utama di ASEAN
T4 Krisis ekonomi 0.13 4 0.52 x x Mempengaruhi daya beli masyarakat Indonesia
T5 Kompetisi internal 0.15 4 0.60 x x karena penggabungan dari 3 perusahaan,
adanya persaingan produk-produk yang sejenis
Total 1.00 3.73
Rating yang digunakan: 1 = kurang berpengaruh .2 = cukup berpengaruh. 3 = berpengaruh .4 = sangat berpengaruh
This entry was posted
on 20.46
.
You can leave a response
and follow any responses to this entry through the
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
.
Anda pengunjung ke..??
Waktu INDONESIA
Cari Blog Ini
Pengikut
Mengenai Saya
- Adies Sepria Humam
- saya adalah seorang pria yang sangat menyukai sebuah petualangan. karena bagi saya petualangan itu adalah sebuah tantangan yang sangat besar sehingga kita termotivasi untuk mengalahinnya.
Facebook Badge
Archives
-
▼
2010
(46)
-
▼
April
(18)
- DISIPLIN sebagai penentu sukses......
- Tugas Matrix EFAS dan IFAS pada PT Kalbe Farma
- analisis SWOT pada PT Kalbe Farma
- Muhammad Paling Berpengaruh Sepanjang Masa
- 1001 TAFSIR MIMPI TENTANG DIRI SENDIRI & ORANG LAIN
- Mengapa Kemampuan Bahasa Inggris Saya Kurang Berke...
- Tips Belajar Berbicara Didepan Umum
- Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian /...
- Mengapa air laut asin
- 10 Hal Tabu Dikatakan Pada Wanita
- Mengatasi Krisis Percaya Diri
- Hindari HIV/AIDS dengan Ngenet
- 4 Tips Membuat Pacaran Awet
- 7 Resep Awet Muda
- Anda Sulit Tidur? Pijat Aja!
- 7 Manfaat Berolahraga
- 8 Langkah Memelihara Kepercayaan Diri
- 5 Cara Agar Resep Masakan Anda Tetap Sehat
-
▼
April
(18)
0 komentar