Tugas Matrix EFAS dan IFAS pada PT Kalbe Farma  

Diposting oleh Adies Sepria Humam

Internal Factor Analysis Summary ( IFAS)
Internal Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments

Strengths
 S1 Manajemen yang berpengalaman 0.11 3 0.33 Pengetahuan dalam bidangnya
 S2 Reputasi perusahaan 0.15 3 0.45 Telah diakui di kawasan Asia Tenggara
 S3 Inovasi produk 0.10 2 0.20 mengembangkan obat-obatan dengan rumusan kimia
baru baik dengan kemampuan sendiri ataupun aliansi strategis dengan mitra
internasional
 S4 Produksi 0.02 1 0.02 berstandar internasional dan bersertifikasi
 S5 Penggabungan 0.17 3 0.51 penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Enseval
memberikan peluang Kalbe dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas

Weakness
 W1 Bahan baku 0.15 4 0.60 kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisa
menopang pengadaan intermediates dasar pembuatan obat
 W2 Aspek pemasaran dan distribusi 0.12 4 0.48 hasil produksi industry farmasi
masih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif
 W3 Ekspansi 0.10 3 0.30 ekspansinya ke noncore-business seperti ke bisnis
property (PT Kalbe Land) dan pendidikan (STIE Kalbe) dapat mengakibatkan
kurang fokusnya perusahaan dalam pengembangan bisnis farmasi
 W4 Aspek regulasi 0.05 1 0.05 regulasi industry farmasi di Indonesia cukup berat
Ø W5 Banyaknya jenis bahan baku 0.03 2 0.06 mencapai 6000 items sehingga pemakain
per item yang tidak memenuhi skala produksi ekonomis
Total 1.00 3.00

External Factor Analysis Summary (EFAS)
External Strategic Factors Weight Rating Weighted Score Comments

Opportunities
 O1 Banyaknya penduduk Indonesia 0.12 3 0.36 masih rendahnya konsumsi obat
perkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan
 O2 Jumlah penduduk di ASEAN 0.11 4 0.44 populasi yang mencapai 8% dari penduduk
di dunia menciptakan peluang perusahaan untuk masuk ke 6 besar pasar utama di
ASEAN
 O3 Tenaga dokter spesialis 0.04 2 0.08 kecenderungan berkembangnya system
penanganan kesehatan yang wajar yang dapat menyalurkan tenaga dokter termasuk
dokter spesialis yang dibutuhkan
 O4 kantor perwakilan 0.08 3 0.24 perusahaan membangun kantor perwakilan disetiap
negara tujuan yang dari survey internal berpotensi bagi pengembangan produk
ekspornya
 O5 Distibutor lokal negara tujuan ekspor 0.10 3 0.30 perusahaan menunjuk
distributor lokal di masing-masing negara tujuan ekspor untuk memasarkan
produk

Threats
 T1 Kompetitor internasional 0.10 3 0.30 Kalbe masih belum bias bersaing dengan
produk dari AS
 T2 Legal sistem 0.10 2 0.20 belum dapat menangani obat palsu secara efektif
sehingga harga obat menjadi lebih sulit untuk dikontrol
 T3 Undang-undang paten 1997 0.07 1 0.07 karena adanya produk-produk baru yang
masih dilindungin paten, menjadi sulit untuk mengembangkan produknya
 T4 Krisis ekonomi 0.13 4 0.52 Mempengaruhi daya beli masyarakat Indonesia
 T5 Kompetisi internal 0.15 4 0.60 karena penggabungan dari 3 perusahaan, adanya
persaingan produk-produk yang sejenis
Total 1.00 3.11

Strategic Factor Analysis Summary (SFAS)
Weighted InterKey Strategic Factors Weight Rating Score Short mediate Long Comments
 S1 Manajemen yang berpengalaman 0.10 3 0.30 x Pengetahuan dan pengalaman
 S2 Reputasi perusahaan 0.12 4 0.48 x Dikenal luas dan telah diakui di Asia
 S5 Penggabungan 0.10 4 0.40 x penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Enseval
memberikan peluang Kalbe dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas
 W1 Bahan baku 0.10 4 0.40 xx kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisa
menopang pengadaan intermediates dasar pembuatan obat
 W2 Aspek pemasaran dan distribusi 0.06 3 0.18 x hasil produksi industry farmasi
masih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif
 O1 Banyaknya penduduk Indonesia 0.11 3 0.33 xx masih rendahnya konsumsi obat
perkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan
 O2 Jumlah penduduk di ASEAN 0.13 4 0.52 x populasi yang mencapai 8% dari
penduduk di dunia menciptakan peluang perusahaan untuk masuk ke 6 besar pasar
utama di ASEAN
 T4 Krisis ekonomi 0.13 4 0.52 x x Mempengaruhi daya beli masyarakat Indonesia
 T5 Kompetisi internal 0.15 4 0.60 x x karena penggabungan dari 3 perusahaan,
adanya persaingan produk-produk yang sejenis
Total 1.00 3.73

Rating yang digunakan: 1 = kurang berpengaruh .2 = cukup berpengaruh. 3 = berpengaruh .4 = sangat berpengaruh

This entry was posted on 20.46 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar